Solved - Dell Inspiron 20 AiO 3064 Nyala dan Restart terus menerus


Pengalaman pribadi, setelah hampir setahun menggunakan Dell AiO 3064 yang udah saya upgrade dari HDD 1Tb saya ganti menjadi SSD 120Gb dan Memory dari 4Gb DDR4 jadi 8Gb di tambah 1 keping lagi 4Gb DDR4. Diawal sangat nyaman menggunakan Dell AiO 3064 dikarenakan hemat tempat dan juga hemat listrik karna cuma 65Watt maximumnya klo di bandingkan dengan PC Desktop saya rasa udah banyak hemat listriknya.

oke lanjut ke troubleshootnya setelah hampir 3 minggu PCnya g saya gunakan tiba-tiba waktu di nyalakan malah restart sendiri, terkadang shutdown tp nyala lgi.

Hemptz ini pasti RAMnya – Opsi pertama

dan ternyata setelah saya bersihkan RAM kemudia di pasang lagi, masih tetap sama. Pake 1 slot juga sama masih ngulang restart.

Klo G RAM Mungkin Windowsnya – Opsi kedua

Akhirnya Install ulang windows dan hasil nya sama udah sampe 3x install windows + driver masih tetap sama masih sering restart, di awal selesai install ulang windows aman sampe 1 hari paling lama tapi setelah itu balik lagi.

Akhirnya browsing di internet masih blm ketemu masalahnya dimana dan tentu blm ada solusi doong, udah 2 hari saya diamkan saja itu PC dah malas.

Oke setelah dapat ide saya langsung ke bagian inti dari semua Alat Elektronik yaitu Listrik, klo di Dell AiO sih Adaptor karna klo udah main ke mother board saya nyerah. Keliling dulu nyari pinjeman Adaptor yang sama karna setau saya Dell itu paling milih Assesoris klo saya pake Adaptor yg punya AiO lain walaupun Watt+Volt+Amper nya sama bakal muncul error saat post BIOS.

Tp udah keliling g ketemu maklum masih sedikit yg pake AiO keluar Dell ini klo mau beli Online Berhubung ane di kampung pasti lama sampe nya.

Jadi ane mutusin buat nyobain colokin Adaptor nya g langsung ke listrik utama tp ke Stabilizer/Stavol dulu baru ke listrik utama. Alhamdulillah sampe saat postingan ini saya buat g pernah lagi Restart sendiri, memory 4Gbx2 tetap di pasang jadi bukan RAMnya salah mungkin lebih ke adaptor nya yg udah mau minta di ganti.

Buat teman² yang punya troubleshoot sama mungkin bs lakuin hal yg udah saya coba

  • Priksa RAM (bangusnya lepas dulu HDD nya sekalian bersih² siapa tau debu)
  • Cek/Diagnosis Hardware (bisa pake menu di bios atau pake tools windows)
  • Cek Adaptornya (klo punya multy tester lebih bagus buat ngecek arus yg keluar dari adaptor apakah masih normal

Post a Comment for "Solved - Dell Inspiron 20 AiO 3064 Nyala dan Restart terus menerus"