#share Pengalaman Load Balance 2 ISP GSM menggunakan Mikrotik

Assalamualaikum, semoga kita semua di berikan kesahatan aaaaammiiiin...

kali ini ane mau sharing pengalaman menggunakan load balance 2 buah Modem GSM/ISP dengan mikrotik. awalnya sih karena di tempat tinggal ane untuk jaringan #indihome kebetulan belum masuk, dan juga signal GSM 4G masih tidak stabil. Sinyal 4G nya dapat tp untuk kualitas koneksi nya jauh dari Stabil, baik di handphone atau dimodem.


Modem Bolt Unlock BL400 dan BL401

ane beli di marketplace modem Bolt yg udah di unlock dengan harga 400 ribuan nah setelah beli ane yakin bakal dapat frekuensi 2100Hz untuk Tsel dan Byu. karna modem nya cuma support Telkomsel dengan frekuensi 2100hz. Lumyan stabil karna di rumah cuma ane sama istri aja yang pake, total ada 6 device yang konek. 2 buah handphone Laptop,PC dan Smarthome device.
Tapi belakangan signal telkomsel down mau ganti provider cuma bisa tsel aja...ngandalin tethring hp ternyata susah.

Modem TP-Link MR6400 V5

nah akhirnya ane ambil Modem Tplink MR6400 unlock all operator, bisa pake semua operator jadi aman. untuk masalah koneksi nya lumayan stabil karna ane posisikan di tempat yg bisa nangkep signal kencang, dan juga sedikit repot klo misalhnya tsel gangguan ane kudu manjat dikit buat ganti ke indosat karna sementara hanya 2 opertor ini yang bisa ane andalkan buat online.

 Ada Kendala lagi ternyata!

ternyata dengan ganti modem GSM g buat koneksi bisa stabil, kebetulan klo ada temen datang kerumah ane sarankan buat pake wifi aja biar lebih stabil, apa lagi klo lagi nongkrong bareng di rumah buat maen game. Yang jadi masalah adalah klo kita lagi main game, ternyata ada yang streaming koneksi auto kacau jadi ping merah. sambil mikir gimana ya biar bisa stabil.

Mikrotik, Solusinya?

Akhirnya ane cobain buat pake mikrotik box karna ane pikir penggunaan blm terlalu berat jadi ane pilih Router Board Mikrotik RB941-2nd. Buat bagi bandwidth dan management user. Alhamdulillah sudah lumayan stabil di koneksi nya tapi ya itu dian yang namanya pake ISP GSM speednya g bisa di andalkan alias g stabil. Tp udah cukup lumayan klo lagi bagusnya Download bisa 10mbps Upload 5mbps. 

Masih belum puas dengan koneksi!

tapi ane masih blm puas dengan hasil koneksi yang di hasilkan, akhirnya ane coba pake antena Yagi untuk si MR6400 hasilnya lumayan bagus.
setelah beli MR6400 si Bolt g pernah ane pake, dan ternyata ane baru tau klo ke dua modem tersebut bisa di gabungkan dengan mikrotik. Akhirnya ane browsing di YouTube akhirnya ketemu dengan beberapa mentor yang ane jadiin panutan buat belajar lebih dalam tentang mikrotik. Berikut Channel Youtube yang ane sarankan buat teman-teman yang sama kaya ane masih belajar.

#Bilhanet
#Citraweb
#TeguhPWD
#AzmulID
#PejuangGSM

dan ada beberapa chanel lagi yang bisa dijadiin bahan buat belajar.

tapi ingat ya channel di atas buat belajar buat kita serap ilmu yang mereka berikan, jangan buat di cela.

semua tutor yang di sharing di chanel tersebut ane cobain semua sampe dapat yang menurut ane stabil dan mudah untuk di mengerti alias bisa ane setting sendiri. 

jadi ada saran dari Oms #TeguhPWD beliau bilang klo Mikrotik untuk Load Balance jangan di gabungkan dengan Mikrotik untuk Management User, tapi ini buat yang punya usaha voucher dengan user lebih dari 20an sih tp klo masih di bawah itu kayanya g masalah sementara di gabungin jadi 1 Mikrotik aja.

Akhirnya ane putusin buat gabungin 2 ISP jadi satu, Alhamdulillah sampe sekarang udah stabil dan bisa digunakan bersamaan saat streaming dan main game, walaupun hanya 10 user aja. 

untuk sementara perangkat yang ane gunain :

  • Modem Bolt BL400 dan BL401
  • Modem TP-Link Mr6400 V5 + Antena Yagi 135
  • Mikrotik Box RB941-2nd - Management User/Client
  • Mikrotik Box RB750r2 - Load Balance Pisah Trafik Game dan Umum

kedepan ane mau coba buat ganti antena yagi 135 ke Antena Omni 360 siapa tau bisa lebih bagus nangkap signal nya.

Post a Comment for "#share Pengalaman Load Balance 2 ISP GSM menggunakan Mikrotik"