Cara Mengetahui User dan Password MySQL ODBC

Apa itu ODBC?
Open Database Connectivity yang disingkat ODBC merupakan tool yang menghubungkan/mengkoneksikan database dari sebuah aplikasi client server alias merupakan konektor database dari server ke client. (menurut ane sih ^_^ )

oke sering kali saat kita mempunyai aplikasi yang tertanam di sebuah komputer, dimana aplikasi tersebut mempunyai koneksi database server. Jika suatu saat komputer tersebut mengalami trobleshoting dan kita terpaksa menginstall ulang windowsnya si aplikasi tidak bisa lagi jalan karena dabase nya tidak terkoneksi ke server.
untuk itu aplikasi tersebut membutuhkan koneksi database ke server menggunakan ODBC Driver.
jika Aplikasi kita menggunakan MySQL ODBC maka kita harus menginstall driver nya terlebih dahulu

MySQL ODBC 32bit (MSI)
MySQL ODBC 64bit (MSI)

nah untuk mengetahui user, password, port, server address ODBC kita bisa membackup nya melalui REGEDIT nanti bisa digunakan sewaktu-waktu bila si kompie mengalami Troubleshot.

Caranya?
Buka Regedit
Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\ODBC\ODBC.INI\namadatabase disana kalian bisa melihat langsung properties nya dari nama database username password dll. bisa di backup manual atau bisa backup regKey nya langsung. dengan cara klik kanan pada keynya kemudian Backup dan simpan. untuk merestore key tersebut cukup dengan double klik regkey yg sudah disimpan tadi dan test jalankan aplikasi.


oke deh ane harap artikelnya bisa bermanfaat dan bisa digunakan untuk kebaikan, jangan disalah gunakan ya... ^_^

Post a Comment for "Cara Mengetahui User dan Password MySQL ODBC"